Kamis, 14 April 2016

Rambutan - Deba Deri Group

TENTANG RAMBUTAN




A. Nama

Nama ilmiah : Nephelium lappaceum L.

B. Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

       Rambutan kaya kandungan kimia seperti zat besi, kalsium, karbohidrat, fosofor, lemak, protein, dan vitamin C. Biji mengandung lemak dan poliferol. Daun mengandung saponin dan tanin. Sementara pada kulit batang terdapat flafonoid, pectic substance, saponin, tanin, dan zat besi. Kulit buah mengandung tanin dan saponin. Efek farmokologis rambutan antara lain sebagai penurun panas (kulit buah), sedangkan biji untuk menurunkan kadar gula darah (hipoglikemik).

C. Cara Budi Daya

       Perbanyak tanaman dengan biji dan cangkok. Pemeliharaan mudah, perlu cukup air untuk menjaga kelembapan dan penumpukan, terutama pupuk dasar.

D. Bagian Tanaman yang Digunakan dan Pemanfaatannya

       Akar, biji, daun, kulit buah, dan kulit kayu dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat. Anggota famili Sapindaceae itu antara lain digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

1. Penghitam rambut beruban

       Cuci bersih 17 lembar daun rambutan, kemudian giling sampai halus. Tambahkan sedikit air pada ramuan hingga jadi bubur. Saring dan peras ramuan dengan sepotong kain. Gunakan air perasan tersebut untuk membasahi kepala, pijat kepala hingga airnya terasa di kulit kepala. Ulangi pengobatan setiap hari sampai berhasil.

2. Kencing manis

       Cuci bersih 6 biji rambutan, lau sangrai kering. Giling bahan tersebut hingga menjadi bubuk. Seduh bahan dengan satu cangkir air panas. Setelah dingin, minum airnya sekaligus. Minum ramuan 2 kali sehari dengan dosisi yang sama.

3. Demam


       Cuci bersih 11 buah kulit rambutan, lalu potong kecil-kecil. Rebus bahan tersebut dengan 3 gelas air hingga tersisa 1,5 gelas. Minum ramuan 2 kali sehari masing-masing ¾ gelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar